Edukasi mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SD Negeri Tajungan


 

    Anak-anak yang masih bersekolah di SD Negeri Tajungan sangat rentan terserang virus, sebab mereka banyak melakukan aktivitas menggunakan telapak tangannya, seperti menyentuh benda-benda yang kotor. Anak-anak kalangan sekolah dasar tersebut, selama ini hanya mencuci tangannya dengan air saja tanpa menggunakan sabun. Selain itu, anak-anak tersebut juga mencuci tangannya tanpa mengikuti aturan yang ada. Kesadaran mereka atas kebersihan tangannya masih rendah, dimana hal tersebut menjadi ancaman bagi para anak-anak sekolah dasar.

    Anak-anak di SD Negeri Tajungan masih kurang mawas mengenai cuci tangan dengan baik dan benar. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu penyebab kenapa anak-anak di SD Negeri Tajungan kurang aware dengan kegiatan mencuci tangan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan bimbingan kepada anak-anak di SD Negeri Tajungan agar perilaku buruk tersebut tidak terus berlanjut. Salah satu bimbingan yang dapat diberikan kepada anak-anak kalangan sekolah dasar adalah dengan memberikan edukasi mengenai
Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

    Edukasi CTPS yang dilakukan di dalam ruang kelas diawali dengan kegiatan tanya jawab terkait dengan pengetahuan menjaga kebersihan tangan melalui kegiatan cuci tangan. Setiap pertanyaan yang diberikan, dijawab oleh anak-anak secara bergantian yang kemudian diberikan penjelasan lebih rincinya. Pertanyaan tersebut berupa kenapa penting menjaga kebersihan tangan dan akibat apa yang terjadi apabila tidak cuci tangan dengan baik dan benar. 

    Tata Cara Cuci Tangan Pakai Sabun yang baik dan benar dimulai dengan membasahi tangan dengan air bersih. Kemudian menggunakan sabun dan menggosoknya ke telapak tangan yang satu dengan telapak tangan yang lainnya. Selanjutnya adalah menggosok punggung tangan dan sela-sela jari. Lalu menggosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun. Jika sudah, maka gosok tangan yang bersabun dengan air bersih yang mengalir. Kemudian mengeringkan tangan menggunakan tisu.

    Setelah memberikan edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun secara teoritis, anak-anak kelas 5 di SD Negeri Tajungan kemudian mempraktikannya di keran air yang tersedia di depan ruang kelas.

    Kegiatan edukasi tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada anak-anak di SD Negeri Tajungan berjalan dengan baik. Anak-anak di SD Negeri Tajungan mengikuti setiap arahan yang diberikan. Selain itu, siswa SD Negeri Tajungan juga memperoleh ilmu baru mengenai pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun serta bagaimana cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar. Mereka juga menjadi lebih aware terhadap kebersihan tangan mereka. 






Posting Komentar

0 Komentar